Sejarah Spaghetti

Sejarah Spaghetti
Sejarah spaghetti sama beraromanya dengan makanan itu sendiri. Meski pasta seringkali diasosiasikan dengan masakan Italia, telah lama ada pemikiran bahwa Marco Polo membawa makanan ini ke Italia dari perjalanannya ke Cina pada 1295. Namun menurut referensi yang ada, pasta sudah ada di Italia sebelum tahun tersebut dan mi dari Cina memiliki cara pembuatan yang berbeda dengan pembuatan spaghetti tradisional.
Spaghetti - Uh Oh Spaghettios


Jadi kapan sejarah spaghetti bermula?
Karena pencatatan sejarah di masa lalu tidaklah bagus, maka sulit memperoleh kepastian. Bangsa Yunani dan Romawi kuno memang memakan semacam adonan yang mungkin serupa dengan spaghetti, namun mereka memasaknya di batu. Bangsa Arab memakan mi dengan cara direbus seperti pasta dan mungkin memperkenalkan makanan ini pada orang Italia selama pendudukan mereka di Sisilia dan memang beberapa resep kuno Sisilia menggunakan rempah-rempah yang diperkenalkan oleh Bangsa Arab. Yang pasti, sejarah spaghetti dimulai sangat lampau.

Sejarah yang lebih modern dari spaghetti berhubungan langsung dengan Italia. Iklim negara ini sesuai bagi pertumbuhan gandum Durham yang memberikan semolina yang diperlukan untuk spaghetti yang bagus sehingga tidak masalah bagaimana asalnya, anda dapat yakin bahwa makanan ini telah banyak digunakan di wilayah ini selama berabad-abad.

Italialah yang mungkin memperkenalkan cara memakan spaghetti sebagaimana yang kita tahu sekarang. Tomat diperkenalkan pada dunia kuno ratusan tahun setelah pasta. Tidak perlu waktu lama untuk menemukan bahwa pasangan makanan ini sangatlah cocok dimakan bersama. Catatan resep pertama yang diketahui mengkombinasikan tomat dan pasta ditulis pada 1839 oleh Duke of Buonvicino. Sebelum penemuan kombinasi lezat ini, spaghetti dimakan kering.

Sulit dipercaya dengan sejarah kuno spaghetti, makanan ini baru populer di Amerika Serikat sejak 1920-an. Diperkenalkan oleh imigran dari Italia selatan, makanan ini cepat populer dan bahkan menjadi makanan pokok saat ini. Terdapat lebih dari 150 jenis dan beraneka ragam saus yang dapat dikombinasikan. Tentu saja, pasta dengan kualitas terbaik masih dibuat dari 100%  semolina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar